Telaga Sunyi, danau biru tempat bertapa yang jadi wisata kekinian

12
287

Telaga Sunyi, danau biru tempat bertapa yang jadi wisata kekinian

Telaga Sunyi, danau biru tempat bertapa yang jadi wisata kekinian

Purwokerto, Kabupaten Banyumas memiliki satu tempat wisata yang sangat indah, namanya Telaga Sunyi. Disebut sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Purwokerto. Meskipun secara teknis berada di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Lokasi Telaga Sunyi tak jauh dari kawasan wisata Baturraden. Jaraknya kurang lebih 3 kilometer dan bisa ditempuh dengan perjalanan selam 15 menit saja.

Telaga Sunyi bersumber dari mata air Gunung Slamet. Airnya begitu jernih dan sejuk, sampai warnanya terlihat kebiruan. Bagian dasar kolam sedalam lima meter pun bisa terlihat jelas dengan mata telanjang.

Airnya yang dingin juga bisa diminum langsung. Relatif aman karena memang masih dekat mata air, jadi belum tercemar polutan.

Sesuai namanya, suasana di Telaga ini memang sunyi. Telaga yang tenang dan kucuran air terjun menjadikan suasana terasa syahdu, cocok untuk merenung. Tak heran kalau danau ini kerap jadi tempat bertapa di masa lalu. “Sebelum ramai seperti sekarang, dulu di sini tempat orang bertapa,” kata Tirkam, salah satu warga kepada trendingtopicondo.com.

Mungkin ada kaitan dengan riwayatnya sebagai tempat bertapa, Telaga Sunyi diliputi mitos. Para pengunjung disarankar untuk tidak berkata-kata kotor atau ditenggelamkan makhluk halus sampai ke dasar sungai.

Terlepas dari mitos yang menyertainya, Telaga Sunyi tetap menjadi objek wisata yang dicari. Terutama oleh para traveler kekinian dan penggila selfie. Soalnya tempat ini memang benar-benar fotogenik. Foto di tepiannya saja sudah terlihat indah. Apalagi kalau foto underwater, semakin keren lagi buat dipasang di Instagram.

Pilihan Redaksi  Gereja-Gereja di Atas Langit Milik Ethiopia