Sidak Terminal Tirtonadi Solo, Menhub Sebut Banyak Bus Jelek

7
245

Sidak Terminal Tirtonadi Solo, Menhub Sebut Banyak Bus Jelek

Sidak Terminal Tirtonadi Solo, Menhub Sebut Banyak Bus Jelek

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Terminal Tirtonadi Solo. Dia menyebut banyak bus dengan kondisi tak laik jalan.

“Tadi pertama ada yang kami evaluasi di terminal, bus-busnya pada jelek. Ramp check tidak dilakukan sebagaimana mestinya,” kata Budi Karya saat diwawancarai di Stasiun Balapan Solo, Minggu (1/4/2018).

Dia meminta pengelola terminal untuk melakukan pengawasan lebih ketat terhadap kelaikan bus. Pengelola juga diminta mengevaluasi sistem pengawasan agar lebih efektif.

Di sisi lain, dia mengakui bahwa perusahaan-perusahaan bus memang dalam kondisi tidak baik. Sambil melakukan penertiban, pihaknya akan bersama-sama mencari solusi untuk masalah itu.

“Kita akui industri bus masih dalam tekanan karena kompetisi dengan angkutan lain. Sambil kita menertibkan, kita mencari pola agar bus menjadi baik,” ujar dia.

Sementara itu, Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Supriyanto, mengatakan ada 17 bus yang dilakukan pengecekan hari ini. Hanya tiga di antaranya yang tidak laik jalan.

“Rata-rata masalahnya di ban yang sudah halus. Sama ada sedikit masalah rem,” kata Joko.

Pihaknya mengaku telah melakukan tilang kepada perusahaan bus terkait. Bus tersebut tidak boleh mengangkut penumpang sampai bus diperbaiki.

Pilihan Redaksi  Respons Hanafi Rais soal bantahan Bank Dunia terkait tanah RI