BARCELONA – Luiz Suarez pamerkan pemain ​​Philippe Coutinho

6
265

Luiz Suarez pamerkan pemain BARCELONA ​​Philippe Coutinho

Luiz Suarez pamerkan pemain BARCELONA ​​Philippe Coutinho

Jakarta – Philippe Coutinho akhirnya resmi gabung dengan Barcelona. Dia diboyong dengan total transfer 160 juta euro (Rp 2,6 Triliun). Rinciannya yaitu 120 juta euro uang transfer plus 40 juta euro berupa bonus dan yang lainnya.

Coutinho menjadi pemain termahal kedua di dunia saat ini setelah Neymar. Bintang Barcelona itu sebelumnya ditebus Paris- Saint Germain (PSG) dengan transfer 222 juta euro atau Rp 3,6 Triliun.

Ini menjadi transfer yang ditunggu-tunggu oleh team ini . Kehadiran Coutinho ke BARCA harus dilalui dengan drama penolakan berkali-kali pada bursa transfer musim panas lalu.

BARCA  pun bahkan harus mengeluarkan rencana cadangan dengan memboyong Ousmane Dembele di awal musim lalu. Sayang, eks Borussia Dortmund yang dibeli 96 juta pounds atau Rp 1,7 Triliun itu harus alami cedera panjang. Dia dikabarkan akan kembali bermain saat BARCA melawan Levante di Camp Nou pada Minggu (7/1/2018) malam nanti.

Semua transfer yang dilakukan BARCA bertujuan untuk satu hal. BARCA mencari pilar yang hilang gara-gara hengkangnya Neymar ke PSG. Memang, penjualan Neymar menjadi berkah bagi BARCA dalam hal uang transfer.

Meski begitu, perginya Neymar sudah menggerus kekuatan BARCA di sektor kiri penyerangan. Saat ini, sektor ini lebih banyak mengandalkan aksi overlapping (maju ke depan) dari bek sayap kiri, Jordi Alba.

Karena hijrahnya Neymar dan cederanya Dembele, pelatih Barcelona Ernesto Valverde sempat kebingungan. Dia awalnya mempertahankan formasi 4-3-3 dengan menempatkan Gerard Deulofeu sebagai penyerang kiri. Namun, dia akhirnya tak menemukan kecocokan di formasi ini.

Dia lalu mengubahnya menjadi 4-4-2 dan hanya menempatkan Luis Suarez dan Lionel Messi di lini depan. Strategi ini berjalan cukup baik bagi BARCA .Terbukti, mereka menjadi salah satu klub yang belum menuai kekalahan di Liga Spanyol dan juga Liga Champions. Coutinho makin melengkapi kehebatan Barcelona.

Pilihan Redaksi  Diduga karena kompor gas, rumah di Depok Jaya terbakar