Pemilihan Umum 2019 Bakal Diikuti 2,2 Juta WNI Yang Ada di Luar Negeri

30
348

Pemilihan Umum 2019 Bakal Diikuti 2,2 Juta WNI Yang Ada di Luar Negeri

pemilihan umum

Pemilihan umum di Indonesia akan digelar pada April 2019 mendatang. Untuk menyambut pesta demokrasi tersebut, pemerintah melakukan berbagai persiapan agar seluruh rakyat Indonesia bisa berpatisipasi.

Tidak hanya warga yang berada di Indonesia saja, tetapi WNI yang sedang menetap di luar negeri juga diharapkan bisa ikut menyumbangkan suara pada pemilihan umum mendatang. Oleh karena itu, pihak Kementerian Luar Negeri RI melakukan pendataan terhadap WNI yang saat ini tercatat berada di luar negeri.

“Kementerian Luar Negeri memberi dukungan penuh terhadap penyelenggaraan pemilu 2019 mendatang. Proses awal kami mengumpulkan data WNI di luar negeri dari database 129 perwakilan Indonesia di negara lain, satu Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, dan BNP2TKI,” kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia, lalu Muhammad Iqbal, saat menggelar jumpa pers di Kementerian Luar Negeri Jakarta Pusat, Kamis (8/3)

Saat ini, kata Iqbal, ada 3,2 juta WNI yang sedang berada di luar negeri. Jumlah tersebut kemudian menyusut setelah dilakukan penyatuan data dari beberapa sumber database.

“Dari data-data didapat sumber pendataan, ada 3,2 juta WNI di luar negeri saat ini. Kemudian setelah dilakukan cleansing (pembersihan), tersisa 2,2 juta WNI di luar negeri. Pengurangan jumlah signifikan tersebut disebabkan adanya data ganda yang didapat dari masing-masing perwakilan. Misalnya, ada WNI yang ambil S1 di Singapura, lalu S2 di Jerman, jadi datanya double” paparnya.

Dari data tersebutlah kemudian Kemenlu memberikan Nomor INduk Kependudukan kepada para WNI agar bisa mengikuti pemilihan umum di luar negeri.

“Para WNI di luar negeri diberi NIK agar bisa ikut memberikan suara. Di dalam negeri juga kita kan pakai NIK. Prosesnya jadi seperti itu. Tanggal 17 April nanti sudah dibentuk panitia untuk menyukseskan penyelenggaraan pemilu,” pungkas Iqbal.

Pilihan Redaksi  Gulung kabel putus tertimpa pohon tumbang, nenek Elisabet tewas tersetrum