Liverpool, Tim Terakhir yang Mengalahkan Madrid di Final Liga Champions

6
235

Liverpool, Tim Terakhir yang Mengalahkan Madrid di Final Liga Champions

Liverpool, Tim Terakhir yang Mengalahkan Madrid di Final Liga Champions

Final Liga Champions 2017/2018 mempertemukan Real Madrid dan Liverpool. Madrid punya catatan impresif di final, tapi Liverpool pernah jadi mimpi buruk mereka.

Final Liga Champions musim ini mempertemukan Madrid dan Liverpool di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kiev pada Minggu (27/5/2018) dini hari WIB. Madrid lolos usai menang agregat 4-3 atas Bayern Munich, sementara Liverpool menang 7-6 atas AS Roma.

Bagi Madrid, ini melanjutkan catatan impresif di mana mereka tiga kali menjejak final di empat musim terakhir. Los Blancos bahkan selalu tampil sebagai juara di tiga kesempatan tersebut.

Secara keseluruhan, Madrid tak terkalahkan di enam penampilan terakhir di final Liga Champions. Wajar jika kemudian diunggulkan untuk kembali juara dan disebut punya DNA kejuaraan ini.

Kali terakhir Madrid kalah di final Liga Champions adalah pada musim 1980/1981- kala itu masih dalam format lama. Tebak siapa lawannya?

Liverpool.

Liverpool adalah tim terakhir yang memberikan kekalahan untuk Madrid di final kejuaraan tertinggi antar klub Eropa tersebut. Setelah itu, Madrid beturut-turut menaklukkan Juventus (1998), Valencia (2000), Bayern Leverkusen (2002), Atletico Madrid (2014 dan 2016), dan Juventus (2017).

Kala itu Liverpool yang diperkuat Kenny Dalglish, Graeme Souness, Alan Hansen, dan Phil Thompson menang tipis 1-0 atas Madrid yang berisi Vicente del Bosque, Santillana, Jose Antonio Camacho, Juanito, dan Uli Stielike. Gol tunggal Alan Kennedy di menit ke-82 mengantarkan Liverpool mengangkat trofi di Parc de Princes.

Itu adalah satu-satunya pertemuan Liverpool dengan Madrid di final kejuaraan. Total ada lima pertemuan antara keduanya di kompetisi Eropa, dengan Liverpool unggul tipis 3-2 atas Madrid.

Pilihan Redaksi  Reiss Nelson berharap kontrak baru dari Arsenal

Jadi, akankah Liverpool menghentikan dominasi Madrid di Liga Champions?