Logo Coca-Cola Warnanya Merah? Ini Alasannya

10
462

Logo Coca-Cola Warnanya Merah? Ini Alasannya

Logo El Loco
Meskipun simpel, logo Coca-Cola mudah diingat karena memiliki ciri khas dengan warna merah menyala. Ternyata ada alasan dibalik warna merah ini.
Seperti dikabarkan Fox News (7/3) banyak orang memiliki berbagai asumsi soal warna dan logo minuman karbonasi skala internasional ini. Namun Coca-Cola punya alasan sendiri mengapa logonya didominasi warna merah menyala.

Beberapa orang mengklaim bahwa warna merah itu berasal dari salah satu iklan pertama perusahaan tersebut. Iklan ini menampilkan Santa mengenakan setelan merah-putihnya yang terkenal dan memegang botol soda. Namun menurut Coca-Cola Company, logo ini berasal dari awal merek itu dibuat.

Kenapa Logo Coca-Cola Warnanya Merah? Ini Alasannya

Lebih dari 130 tahun yang lalu, Coca-Cola dijual dalam kemasan barel di toko obat dan apotek Amerika. Sementara alkohol juga didistribusikan dengan cara dan kemasan yang sama.

Tapi bedanya, alkohol dikenai pajak sementara minuman ringan tidak. Alasan inilah yang kemudian membuat perusahaan Coca-Cola mengecat barel dengan cat warna merah. Tujuannya agar petugas bea cukai bisa dengan mudah membedakan isi minuman ini.

Kenapa Logo Coca-Cola Warnanya Merah? Ini Alasannya

Kini Coca-Cola sudah tidak didistribusikan menggunakan barel lagi melainkan menggunakan botol. Namun warna merah masih menjadi ciri khas yang selalu tercetak dalam botol Coca-Cola.

Dari warna merah ini sebenarnya terdiri dari kombinasi tiga warna merah yang berbeda namun tidak terlihat mencolok. Sementara font tulisan yang tercetak dalam logo ini sudah memiliki paten resmi. Font ini dikenal dengan jenis “Spencerian” dan sudah digunakan sebagai label sejak tahun 1900-an. (jks)
Pilihan Redaksi  Cicipi Mie Terpedas Sedunia di Ubud Food Festival