Daftar 8 Klub yang Lolos ke Perempat Final Liga Champions

4
238

Daftar 8 Klub yang Lolos ke Perempat Final Liga Champions

Daftar 8 Klub yang Lolos ke Perempat Final Liga Champions

Barcelona jadi tim terakhir yang lolos ke babak perempat final Liga Champions. (REUTERS/Albert Gea)

Liga Champions musim ini mulai memasuki fase akhir turnamen. Delapan tim yang bertahan akan berjuang untuk bisa mengakhiri perjalanan mereka dengan trofi juara.

Spanyol jadi negara dengan jumlah wakil terbanyak di babak perempat final Liga Champions lewat kehadiran tiga klub, Real Madrid, Sevilla, dan Barcelona.

Real Madrid membuktikan bahwa seburuk-buruknya performa mereka di La Liga, Los Blancos bakal tetap tampil istimewa di Liga Champions. Dalam duel berat lawan Paris Saint-Germain, Real Madrid mampu menang di laga kandang-tandang dan mengakhirinya dengan agregat 5-2.

Sevilla berhasil membuat kejutan besar dengan menyingkirkan Manchester United. Setelah bermain imbang tanpa gol di Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla justru berhasil menang 2-1 dalam laga penentuan di Old Trafford. Sevilla yang selama ini dikenal sebagai raja Liga Europa pun mulai masuk dalam kategori tim elite Liga Champions.

Sevilla berhasil lolos setelah menyingkirkan Manchester United.

Barcelona menyusul Real Madrid dan Sevilla setelah mereka menang 3-0 atas Chelsea di leg kedua. Hal itu membuat Barcelona unggul mutlak 4-1 dalam agregat.

Dua wakil Inggris, Manchester City dan Liverpool punya kesamaan dalam cara mereka lolos ke babak perempat final. Keduanya sama-sama menang telak di markas lawan pada leg pertama sehingga tak melalui laga hidup mati di leg kedua.

Manchester City menang 4-0 di markas FC Basel sehingga mereka tak kecewa saat kalah 1-2 di Stadion Etihad pada leg kedua. Liverpool juga sukses menumbangkan FC Porto 5-0 di Portugal dan tetap bisa tersenyum meski leg kedua di Anfield berakhir dengan skor kacamata.

Liverpool kembali ke persaingan elite di kompetisi Eropa.

Juventus lolos ke babak perempat final dengan melewati duel sengit lawan Tottenham Hotspur. Setelah dua gol Gonzalo Higuain di Turin berhasil dibalas oleh Harry Kane dan Christian Eriksen, Juventus justru sukses mencuri kemenangan 2-1 saat ganti bertandang ke Stadion Wembley. Di duel itu, Juventus tertinggal lebih dulu lewat Son Heung-Min sebelum Higuain dan Paulo Dybala mencetak gol balasan.

Juventus berhasil lolos dari adangan Tottenham Hotspur.

Wakil Italia lainnya, AS Roma juga lolos dengan susah payah. Radja Nainggolan menelan kekalahan 1-2 di leg pertama saat mereka bertanding di markas Shakhtar Donetsk, Stadion Metalist.

AS Roma akhirnya berhasil mendapatkan tiket perempat final usai menang 1-0 di Stadion Olimpico lewat gol tunggal Edin Dzeko. Meski imbang 2-2 dalam agregat, Roma berhak lolos berkat keunggulan gol tandang.

Bayern Munich kemudian melengkapi komposisi perempat final. Jagoan Jerman ini melenggang ke babak delapan besar setelah mengalahkan wakil Turki, Besiktas. Kemenangan 5-0 di Allianz Arena pada leg pertama membuat langkah Munich menjadi ringan. Munich lalu mengakhiri duel leg kedua dengan kemenangan 3-1 sehingga mereka unggul agregat 8-1 atas Besiktas.

Bayern Munich jadi tim yang lolos ke perempat final dengan kemenangan agregat terbesar.
Pilihan Redaksi  Olivier Giroud: Saya Senang Bergabung Dengan Chelsea