Jurus Menko Luhut buat Kurangi Kemacetan di Tol Cikampek

12
293

Jurus Menko Luhut buat Kurangi Kemacetan di Tol Cikampek

Situasi antrian kendaraan sekitaran Gerbang Tol Cikarang Utama arah Cikampek padat.

Pemerintah melakukan uji coba sistem ganjil genap untuk kendaraan pribadi di Gerbang Tol (GT) Bekasi Barat dan Bekasi Timur mulai 12 Maret 2018. Uji coba diberlakukan di pintu tol yang mengarah ke Jakarta mulai dari pukul 06.00-09.00 WIB.

Pemerintah mengimbau masyarakat untuk menggunakan bus Trans Jabodetabek yang disediakan di beberapa titik sekitar GT demi mengurangi kemacetan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Luhut Binsar Panjaitan beserta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ikut juga memberikan sosialisasi uji coba tersebut di GT Bekasi Barat pada Senin ini.

“Kami ingin mengedukasi masyarakat bahwa sistem ganjil genap akan mulai diberlakukan di (GT) Bekasi Barat pada 12 Maret. Sistemnya sama seperti di Jalan Sudirman-Thamrin,” serunya di GT Bekasi Barat, Bekasi, Senin (5/4/2018).

Selain sistem ganjil genap, dua kebijakan lainnya juga sudah akan diterapkan di GT Bekasi Barat dan GT Bekasi Timur, yaitu larangan angkutan besar seperti truk untuk melintas dan penyediaan jalur khusus bus di ruas Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Terkait transportasi bus Trans Jabodetabek, ada 2 operator yang diajak bekerja sama untuk menyediakan bus, yaitu Royal Trans dan Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD). Tarif bus premium itu untuk sekali pemberangkatan sebesar Rp 20 ribu.

Pilihan Redaksi  Mantan Presiden Korsel Terima Uang Dari Agen Mata-mata Negara