Keindahan pura bawah laut Pamuteran yang sempat hebohkan dunia

10
420

Keindahan pura bawah laut Pamuteran yang sempat hebohkan dunia

Keindahan pura bawah laut Pamuteran yang sempat hebohkan dunia

Bali tak hanya memiliki kekayaan budaya yang masih terjaga keluhurannya. Tak cuma dianugerahi pantai biru dengan gulungan ombak yang menakjubkan. Keindahan alam bawah lautnya pun tak kalah memukau. Salah satunya taman pura yang berada di dasar laut Pamuteran.

Deretan patung dewa-dewa Hindu terbaring rapi di dasar laut. Dilengkapi dengan gerbang kembar yang mencari ciri khas pura-pura Hindu. Tempat inilah yang sempat menjadi pusat kekaguman dunia internasional beberapa tahun lalu.

Dilansir trendingtopicindo.com, Pura bawah laut Pamuteran menjadi objek perhatian dunia ketika foto-fotonya beredar di dunia maya. Paul M.Turley mengunggah foto-foto penyelamannya lewat twitter. Foto tersebut langsung viral dan melahirkan berbagai spekulasi. Taman pura Pamuteran lantas dikira pura bawah laut yang baru ditemukan kembali setelah hilang selama berabad-abad.

Sebenarnya pura bawah laut ini bukan penemuan bersejarah. Umurnya pun masih belum mencapai dua dekade. Sebab pura bawah laut tersebut sejatinya merupakan taman yang terjaga didirikan untuk kepentingan konservasi.

Pura bawah laut Pamutteran adalah objek proyek yang dikerjakan oleh Reef Gardener pada tahun 2005. Penggagasnya adalah Chris Brown, seorang aktivis lingkungan asal Australia. Pria bule yang biasa dipanggil pak Nyoman oleh warga lokal ini mengabdikan diri untuk upaya pelestarian kawasan Pamuteran dan sekitarnya.

Bersama warga setempat, Brown mengubah area seluas 2.500 meter persegi menjadi taman bawah laut. Dalam hitungan tahun, patung-patung yang ‘ditanam’ di sana sudah ditumbuhi terumbu karang, menjelma pura di dasar laut yang cantik.

Sekarang pura bawah laut Pamuteran dianggap sebagai salah satu titik penyelaman terbaik. Bahkan situs perjalanan internasional Lonely Planet merekomendasikan tempat ini sebagai tujuan wisata wajib di Asia.

Pilihan Redaksi  7 Destinasi yang Mesti Kamu Datangi di Mandalika