Jokowi akan resmikan keramba apung di Pangandaran

6
451

Jokowi akan resmikan keramba apung di Pangandaran

Jokowi akan resmikan keramba apung di Pangandaran

Presiden Joko Widodo akan melakukan kunjungan kerja ke Jawa Barat untuk meresmikan Keramba Jaring Apung lepas pantai atau ‘offshore’ di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Cikidang, Babakan, Kabupaten Pangandaran, pada hari ini, Selasa (24/4).

Seperti dilansir dari Antara, dalam peresmian kali ini Jokowi akan didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan itu, Presiden dijadwalkan melepas benih ikan.

Baca Juga : Kenaikan Gaji PNS Hingga Kepala Negara, Begini Rencananya

Keramba jaring apung ini merupakan program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan mengadopsi teknologi lepas pantai dari Norwegia yang diperkirakan bakal mampu menggenjot produksi komoditas ikan kakap putih secara signifikan.

Teknologi keramba jaring apung ‘offshore’ fokus dikembangkan di tiga kawasan strategis, yakni perairan Kepulauan Karimunjawa (Jawa Tengah), Pangandaran (Jawa Barat), dan Pulau Sabang (Aceh).

Keramba jaring apung lepas pantai memiliki beberapa keunggulan, yaitu tahan terhadap gelombang dan memiliki ketahanan lebih dari 10 tahun, sehingga cukup efektif digunakan dalam budi daya ikan karena mudah dalam pemasangan maupun pelepasan jaring, memiliki beragam konfigurasi dalam pengoperasiannya.

Peresmian keramba jaring apung ini merupakan rangkaian kunjungan kerja Presiden selama dua hari di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Sebelum ke Pangandaran, pada hari sebelumnya Jokowi meninjau rencana pengembangan Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah. Kemudian, dilanjutkan mendatangi pabrik bulu mata dan rambut palsu di Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, dan meninjau langsung penanganan dampak gempa di Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Pilihan Redaksi  Gara-gara tak dikasih minum, tukang parkir bakar gerai CFC dan pasar di Solok

Baca Juga : BNN musnahkan 5 hektar ladang ganja di Aceh