Inilah senjata nuklir Korea Utara yang bikin AS gemetar

3
456

Inilah senjata nuklir Korea Utara yang bikin AS gemetar

Inilah senjata nuklir Korea Utara yang bikin AS gemetar

Korea Utara diketahui banyak senjata nuklir yang siap diluncurkan. Uji coba rudal sudah dimulai sejak 2006. Sejak saat itu, Korea Utara terus mengembangkan senjata nuklirnya agar bisa menjadi semakin lebih baik.

Seperti dilansir dari laman Al Jazeera, pihak Korea Utara menegaskan akan terus membuat senjata nuklir dengan kualitas dan kuantitas yang baik.

Tentu tindakan Korea Utara ini menjadi ancaman bagi negara-negara lain, seperti Amerika Serikat dan Jepang. Menurut pejabat AS, diperkirakan Korut akan memiliki 60 senjata nuklir. Sedangkan ahli independen memperkirakan Korut memiliki uranium yang cukup untuk menghasilkan enam bom nuklir baru dalam setahun.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, inilah beberapa senjata nuklir Korea Utara yang menjadi ancaman bagi AS:

Hwasong-5 berbahan bakar cair. Rudal ini meluncur hingga mencapai 330 kilometer. Ini sudah diuji dengan sukses. Korut meluncurkan rudal ini sekitar 150-200 rudal.

Mirip dengan Hwasong-5, namun dengan peningkatan jangkauan (550700 kilometer) dan hulu ledak yang lebih kecil (600750 kilogram). Rupanya ini adalah rudal Korea Utara yang paling banyak dikerahkan, dengan sedikitnya 400 rudal digunakan.

Rudal berbahan bakar cair ini dilengkapi dengan panduan GPS. Jarak luncurnya diperkirakan mencapai 1.300 dan 1.600 kilometer.

Pada 15 September, Korea Utara juga menguji coba rudal Hwasong-12 dengan jarak menengah sekitar 3.700 kilometer di atas Jepang, dan bisa menjangkau hingga 4.000 kilometer, termasuk Guam, wilayah Amerika Serikat di Samudra Pasifik.

Rudal ini berjarak maksimum lebih dari 3.400 mil. Kementerian Pertahanan AS memperkirakan setidaknya 6 peluncur Hwasong-13 sedang digunakan.

Lalu Korut juga meluncurkan Hwasong-14 pada bulan Juli, dengan jangkauan hingga 10.400 kilometer. Rudal itu meluncur selama sekitar 45 menit sebelum mendarat di Laut Jepang. Rudal ini juga menjadi salah satu ancaman bagi kota-kota AS.

Pilihan Redaksi  Usut kasus napi Jelekong peras perempuan, Kemenkumham bentuk tim investigasi

Hwasong-15, rudal balistik antarbenua Korea Utara yang terjauh (ICBM), secara teoritis dapat menempuh jarak sekitar 13.000 km. Rudal ini berpotensi menjangkau Amerika Latin dan Antartika.

Pada Maret 2016, kantor berita KCNA Korea Utara merilis foto Kim Jong-un di depan objek kecil seperti bola. Mereka menyebutnya sebagai miniatur hulu ledak nuklir.

Lalu September 2017, KCNA merilis foto Kim Jong Un yang sedang memeriksa bom hidrogen. Kekuatan bom hidrogen bisa 1.000 kali lebih kuat daripada bom atom yang dijatuhkan AS di Hiroshima pada Perang Dunia II.