Gus Ipul Sempat Bercita-cita Menjadi Guru Madrasah

52
416

Gus Ipul Sempat Bercita-cita Menjadi Guru Madrasah

gus ipulGus Ipul dapat gelar bapak madin. ©2018 

Tidak ada yang tahu jalannya takdir seseorang. Begitu pula yang dirasakan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur dua periode Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Jauh sebelum menjadi politisi, ia pernah bercita-cita menjadi seorang guru madrasah.

Hal ini diceritakannya saat Rapat Koordinasi Tim pemenangan Gus Ipul-Mbak Puti Kabupaten-Kota se-Jawa Timur di Hotel Singgasana, Surabaya, Sabtu (10/3) di hadapan 250 kader lintas partai, baik PKB, PDIP, Gerindra dan PKS.

Turut hadir Ketua DPW PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar, Ketua DPW PKS Jawa Timur, Arif Hari Setiawan, Ketua DPD Gerindra Soeprayitno, dan Sekretaris DPD PDIP Sri Untari.

“Kalau saja tidak ke Jakarta, ada kemungkinan saya menjadi guru madrasah saat ini. Tapi saya tidak tahu juga apakah bisa menjadi guru yang baik atau tidak,” selorohnya.

Cita-citanya ini mengikuti profesi kedua orang tuanya, Ahmad Yusuf Cholil dan Sholichah Hasbullah. Kedua bapak dan ibunya merupakan guru. “Dari sana, sejak kecil saya berkeinginan menjadi seorang guru,” katanya.Rapat Koordinasi Tim Kampanye Gus Ipul-Puti Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur ©2018

Lanjut Gus Ipul, guru madrasah adalah profesi guru yang jarang diperhatikan oleh pemerintah. Namun sejatinya profesi ini adalah profesi yang sangat mulia dan berjasa dalam mencetak kader bangsa yang berkarakter dan beriman.

“Karena itu sejak awal saya menjabat sebagai wakil gubernur, pemerintah propinsi sangat peduli terhadap guru ngaji melalui madin plus,” katanya.

Usai menyelesaikan pendidikan SMA, ia memutuskan untuk melanjutkan jenjang kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Universitas Nasional. Kemudian semasa menjadi mahasiswa, ia aktif di kegiatan ekstra dan akhirnya pernah menimba ilmu politik kepada Megawati.

Pilihan Redaksi  Cabuli anak tiri 5 kali, ZU ditangkap warga

Dalam rapat koordinasi tim pemenangan ini, Gus Ipul juga kembali dikukuhkan kembali menjadi ‘Bapak Madin’ oleh Forum Koordinasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Jawa Timur. Penghargaan itu langsung diberikan oleh Ketua DPW FKDT Jatim Sutaham Akbar.

“Gus Ipul merupakan pembina FKDT Jatim. Di samping itu, beliau selama 10 tahun ini pro dengan kepentingan Madin. Buktinya dengan adanya Bosda Madin,’ pungkas dia.