Google Doodle Rayakan Sosok George Peabody Sebagai Bapak Filantropi Dunia

17
216

Google Doodle Rayakan Sosok George Peabody Sebagai Bapak Filantropi Dunia

Google Doodle

Google Doodle George Peabody. ©2018

Sosok George Peabody kali ini muncul dalam sedain Google Doodle dengan menampilkan pria tua yang sedang membuka sebuah buku yang berukuran raksasa.

Hari ini, Jumat (16/3), banyak sekali yang masih bertanya apa maksud George Peabody Google Doodle yang juga menampilkan adanya empat anak kecil di sana.

TrendingTopicIndo melansir dari laman Google menemukan bahwa George Peabody adalah pria yang lahir pada 18 Februari 1795 ini dikenal sebagai orang Amerika Serikat pertama yang dikenal karena kegiatan amalnya.

Sebelumnya, Peabody juga dikenal sebagai seorang bankir. Ia juga merupakan sosok penting di balik berdirinya salah satu bank Amerika terkenal pada abad ke-19.

Berkantor di London, ia sering kali membantu pengusaha yang ingin menyalurkan modal dari Eropa dan Inggris ke berbagai usaha menjanjikan di AS.

Kabarnya, Peabody mendonasikan sekitar US$ 8 juta dari US$16 juta kekayaan yang ia miliki semasa hidupnya. Karena kedermawanannya, Peabody dipuji dan menjadi teladan bagi pengusaha di masanya dan generasi pengusaha sukses setelahnya hingga saat ini.

Karena itu, George Peabody pun menjadi sosok ternama lain yang nongol di Google Doodle kali ini. Sekadar informasi, Google Doodle kali ini dibuat oleh tim relawan pelukis dinding di George Peabody Elementary School di San Fransisco.

Peduli terhadap pendidikan dan sosial
Berhasil mengumpulkan kekayaan yang luar biasa di kala itu, Peabody pun membangun sebuah institusi di Baltimore yang menyediakan berbagai fasilitas pendidikan, seperti perpustakaan, galeri seni, dan akademi musik.

Tak hanya itu, ia juga mendanai sebuah museum dan perpustakaan bersejarah di Massachusetts, AS, sebuah museum sejarah alam di Yale University, dan museum arkeologi di Universitas Harvard; dan berkontribusi pada berbagai perguruan tinggi dan masyarakat historis lainnya.

Pilihan Redaksi  Washington Setujui Aturan Netralitas Internet

Karena rasa kepeduliannya yang besar, George Peabody pun dianugrahi Congressional Gold Medal.

Seperti biasa, Google Doodle selalu digunakan untuk memperingati hari-hari penting di dunia. Tak jarang, beberapa kali hari-hari penting di Indonesia juga masuk sebagai tema Google Doodle.