Berburu deretan air terjun cantik di Rinjani

38
413

Berburu deretan air terjun cantik di Rinjani

Berburu deretan air terjun cantik di Rinjani

Gunung Rinjani yang ada di Lombok utara menyimpan begitu banyak keindahan yang memanjakan mata. Mulai dari flora fauna unik, danau kawah yang menakjubkan, dan anak gunung berapi yang memukau. Satu hal yang tak diketahui banyak orang adalah keberadaan air terjun cantik di sana.

Gunung Rinjani merupakan rumah bagi beberapa air terjun dengan air jernih. Yang paling terkenal adalah Air Terjun Sindang Gila atau Sendang Gile dan Tiu Kelep. Kedua air terjun ini berada di Desa Senaru. Wisatawan bisa mengunjunginya sebelum menelusuri ke Rinjani, sebab Senaru adalah gerbang jalur trekking Rinjani.

Air Terjun Sindang Gila mengucur deras dari ketinggian lebih dari 40 meter, mengalir melalui tetumbuhan hijau yang indah dipandang. Sementara Air Terjun Tiu Kelep yang terlalu tinggi menawarkan keindahan berbeda. Meskipun tidak terlalu tinggi, air terjun ini memiliki kolam dengan air jernih dan sejuk. Banyak wisatawan yang mandi atau sekadar merendam kaki di sana.

Ada pula air terjun kembar Benang Stokel dan Benang Kelambu. Keduanya adalah tipe air terjun cascade dengan aliran air yang menyebar. Jika dilihat sekilas seperti deretan benang putih yang menggantung dari ketinggian.

Air Terjun Jeruk Manis mungkin tidak seindah Sindang Gila, Tiu Kelep, dan Benang Stokel- Benang Kelambu. Namun air Jeruk Manis diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Di air terjun ini kerap diadakan ritual adat untuk penyembuhan penyakit. Selain itu masih ada Air Terjun Sekeper yang tak kalah indah.

Pilihan Redaksi  Aliando Minta Dilibatkan dalam Pengkajian Aturan Taksi Online