Dedi Mulyadi Berharap Kids Zaman Now Bermain Permainan Tradisional

25
343

Dedi Mulyadi Berharap Kids Zaman Now Bermain Permainan Tradisionaldedi mulyadi

Dedi Mulyadi di Bekasi. ©2018

Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi menerima keluhan mengenai minimnya minat masyarakat terhadap mainan tradisional. Keluhan tersebut diterima kala mengunjungi Pasar Bongkok, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Kamis (8/3).

Tarma (72) mengatakan, desa tempat tinggalnya merupakan pusat kerajinan permainan ‘krotokan’. Krotokan sendiri merupakan bunyi-bunyian yang keluar dari alat permainan tersebut. Dia sendiri merupakan warga Arjawinangun, Kabupaten Cirebon.

“Sekarang menjualnya susah, sehari paling terjual 3 sampai 4 buah. Satu krotokan harganya Rp15 ribu,” katanya.

Mendengar keluhan tersebut, Dedi mengatakan, permainan krotokan mengajarkan kepada anak-anak agar tidak mudah putus asa. Artinya, permainan ini bukan sekedar permainan seperti dalam game online atau telepon pintar.

Generasi zaman now harus memainkan permainan tradisional. Contohnya krotokan, ini mengajarkan agar generasi kita tidak mudah putus asa. Saat jauh, bangkit lagi, terbentur, terbentur, maka terbentuk,” jelasnya.

Dedi Mulyadi di Bekasi 2018

Bahkan, para orangtua dan anak-anaknya dapat memainkan permainan ini bersama-sama. Permainan ini membuat seluruh anggota tubuh bergerak sehingga bermanfaat juga untuk kesehatan. “Bisa juga sama-sama dengan orang tua, kompakan sambil lari, kan sehat tuh,” ujarnya.

Dedi Mulyadi memandang terdapat potensi ekonomi yang besar jika permainan tradisional dipasarkan secara massif, bukan hanya di pasar lokal. Karena itu, seluruh pirantinya harus mapan agar melahirkan produk yang mampu bersaing.

“Permainan tradisional di Jawa Barat ini kan banyak bukan hanya krotokan. Kalau dikelola dengan baik, saya yakin bisa bersaing. Tetapi kualitasnya harus kita perbaiki, barusan saya coba main ini dengan anak-anak, baru sebentar diajak berlari, krotokannya sudah patah,” tutupnya. [jks]

Pilihan Redaksi  Polisi tembak mati pengedar narkotika di Tangerang