Mitos Kesuburan di Danau Dayang Bunting

4
418

Mitos Kesuburan di Danau Dayang Bunting

Cantiknya Danau Dayang Bunting dengan mitos kesuburan di Malaysia

Pulau Dayang Bunting tak sekadar unik dari namanya saja. Pulau di Malaysia ini memiliki danau yang konon bisa menyuburkan kandungan. Penasaran?

Dikumpulkan trendingTravel dari berbagai sumber,  Sabtu (17/3/2018), danau itu terletak di Pulau Dayang Bunting, Langkawi, Kedah, Malaysia. Konon, wanita yang mandi di danau air tawar pulau ini niscaya mendapatkan rahim yang subur.

Mitos ini pun berkembang dengan sendirinya dari mulut ke mulut hingga ke pelosok dunia. Mereka yang datang tidak cuma ingin melihat kecantikan pulau ini, melainkan ingin membuktikan kebenaran mitosnya. Tak heran jika danauu air tawar ini banyak didatangi oleh traveler wanita.

Cerita singkatnya, dahulu di pulau ini terdapat sepasang suami istri. Sang istri bernama Mambang Sari merupakan seorang bidadari yang bersuamikan Mat Teja. Keduanya sangat ingin punya keturunan, hingga akhirnya mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Danau Dayang Bunting dilihat dari atas ketinggian (dok Tourism Malaysia)

Namun sayang, tidak lama dari kelahirannya, bayi tersebut meninggal dunia. Sebagai bentuk kasih sayang seorang ibu, Mambang Sari membiarkan bayi tersebut istirahat dengan damai di dalam sebuah danau.

Dari musibah itu, ia berharap wanita mana saja yang mandi di danau ini akan diberikan kesuburan di rahimnya dan kesehatan utan dirinya sampai sang janin lahir. Menurut cerita yang berkembang, bayi MAmbang Sari disemayamkan dalam danau air tawar yang berada di tengah Pulau Dayang Bunting.

Danau Dayang Bunting menyimpan mitos kesuburan (dok Tourism Malaysia)

Air di dannau amat jernih kehijauan jika dilihat dari udara. Air yang tenang pun seolah-olah mengajak wisatawan untuk segera menceburkan diri ke dalamnya. Di tepian Pulau Dayang Bunting tedapat sebuah dermaga kayu. Dermaga ini menjadi tempat untuk wisatawan yang ingin berenang dan menikmati keindahan alam Dayang Bunting.

Pilihan Redaksi  Misteri Patung-patung Aneh dari Pulau Paskah

Selain itu, sebutan Dayang Bunting tidak hanya berhenti di situ lho. Panoram Danau Dayang Bunting yang memesona juga menjadi pengaruh nama pulau ini. Bukit-bukit nan hijau yang mengelilingi pulau ini bila dilihat dari atas memiliki bentuk seperti wanita yang sedang hamil.

Untuk menikmati kecantikannya, wisatawan bisa mengelilingi danauu air tawar Dayang Bunting menggunakan perahu. Untuk mencapai pelataran Dayang Bunting, pelancong memerlukan waktu sekitar 15 menit dari Dermaga Kuah, Langkawi. Selanjutnya, perjalanan akan disambung menggunakan speedboat menuju Dayang Bunting.

Traveler banyak berkunjung ke Danau Dayang Bunting (dok Tourism Malaysia)