TNI-Polri bakal berkolaborasi amankan Asian Games

64
843

TNI-Polri bakal berkolaborasi amankan Asian Games

TNI-Polri bakal berkolaborasi amankan Asian Games

TNI ikut serta mengamankan jalannya Asian Games 2018. Kapuspen TNI Mayjen Sabrar Fadhilah mengatakan baik TNI dan Polri akan berkolaborasi dalam pembagian tugas pengamanan.

Sabrar mengatakan, secara umur keamanan dalam negeri diambil alih oleh kepolisian. Sementara, TNI akan fokus pada tamu internasional sesuai aturan yang ada.

“Jangan lupa ini konteksnya internasional artinya akan ada datang mungkin Presiden dari mana yang mau datang, apa Presiden Brunei atau apa. Aturan kami kalau setingkat Perdana Menteri dan Presiden ke atas yang menjadi adalah TNI. Jadi ini sifatnya kolaborasi lah, bekerja sama, tak saling tumpang tindih dan seterusnya,” katanya saat dikonfirmasi, Senin (23/7).

“Jadi don’t worry, karena kami terus bekerja, polisi juga kebutuhannya untuk saling menutup dia bilang ke kami, minta kekuatannya ini, di posisi mana,” sambungnya.

Namun, Sabrar tak merinci berapa jumlah personel TNI yang diterjunkan. Yang jelas TNI akan fokus di tiga tempat lokasi Asian Games yakni Palembang, Jakarta, dan Bandung serta tempat terkait lainnya.

“Tetapi tak hanya itu, tempat-tempat pendaratan pesawat mereka dan seterusnya tentu ada pengamanan. Mana yang polisi diatur, mana yang TNI diatur,” ucapnya.

Dia melanjutkan, mulai saat ini sudah ada pengamanan cipta kondisi. Antara lain, kata Sabrar, mulai dari tindakan penegakan hukum kepada aksi-aksi teror maupun kriminal yakni jambret sesuai intruksi Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

“Kan ini negeri kita, lalu maluin lah kalau banyak jambret. Kemudian mungkin nanti terkait juga hal-hal misalnya sampai dengan hal teknis misalnya pengaturan lalu lintas, mungkin ada yang harus ditutup, yang tadinya enggak apa-apa jadi satu arah, dan seterusnya,” ujarnya.

Pilihan Redaksi  Di Indramayu, sampah bisa jadi alat bayar buat berobat